2

Bondan Prakoso & Fade 2 Black dan Kabar Kevakumannya

Senin, 16 September 2013
Share this Article on :
Kenapa pertemuan harus berakhir dengan perpisahan? Rasanya masih tak percaya ketika membaca kabar dari akun twitter @BondanF2B tadi malam yang mengatakan bahwa mereka vakum untuk waktu yang tidak ditentukan. Padahal beberapa waktu sebelum kabar itu tersiar, aku baru saja melihat aksi mereka (taping) menyanyikan lagu "Tak Terkalahkan" di acara ulang tahun sebuah surat kabar ternama di Indonesia di salah satu stasiun tv swasta. Pagi tadi ketika aku bangun, aku berharap bahwa itu hanyalah lelucon belaka. Namun ternyata itu adalah mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Aku tak pernah suka dengan perpisahan. Walaupun mereka menyebut "vakum" tapi bagiku kata vakum adalah ketidak pastian. Sementara ketidak pastian akan memaksaku untuk bersahabat dengan "menunggu", berteman dengan "berharap" dan beresiko berhadapan dengan ketidak hadiran.


BondanF2B adalah proyek musik kolaborasi antara Bondan Prakoso dan Fade 2 Black (Titz, Santoz dan Lezzano) yang memainkan banyak jenis musik dengan rap sebagai unsur utamanya. Kepiawaian Fade 2 Black dalam merangkai kata yang jujur, lugas, penuh motivasi dan kadang sedikit "nakal" digabungkan dengan kecerdasan Bondan Prakoso mengolah musik yang sangat ekspresif dan bernyawa adalah komposisi yang pas untuk menyampaikan pesan mereka kepada penikmat karya mereka.

Vakum dan gonta-ganti personel adalah hal yang biasa dalam perjalanan sebuah band, namun tak pernah aku bayangkan akan sesedih ini begitu hal itu terjadi pada band yang aku kagumi. Aku menatap bergantian tiga buah CD mereka (sial! yang Unity hilang dan sekarang nyari di toko kaset susah). Delapan tahun dengan empat buah album bukanlah perjalanan yang singkat. Respect, Unity, For All dan RUFA adalah bukti dari kerja keras mereka di industri musik. Aku mengenal mereka sebagai satu kesatuan yang utuh. Bagiku, mereka adalah empat yang menjadi satu. Satu jiwa, satu tujuan. Entahlah, apakah aku masih bisa menerima "pesan" mereka jika jiwa itu telah terbelah.

Aku tahu, tentu saja keputusan ini diambil melalui proses pemikiran yang panjang. Aku tak akan bertanya alasan apapun tentang keputusan ini. Hanya saja aku menyayangkan keputusan ini. Namun pada akhirnya aku menyadari, terlalu egois bagiku yang belum siap dengan keputusan ini memperberat langkah mereka ke depannya dengan tidak mengikhlaskan jalan yang telah mereka pilih. Mereka juga punya mimpi dan cita-cita yang lain yang masih harus mereka kejar dan wujudkan, mungkin saja inilah saatnya meraih kembali mimpi yang mereka tunda sebelumnya. Mereka masih melangkah bersama. Hanya saja jalan mereka tak lagi sama. Aku menghargai dan menghormati keputusan yang mereka ambil. Dan aku berdoa semoga ini yang terbaik.

Mereka telah menyebarkan banyak "virus" positif  kepadaku. Semoga saja virus itu terus berkembang, tidak ikut-ikutan vakum.

Mungkin bagi mereka, selama delapan tahun mereka berjuang bersama dalam BondanF2B adalah sebuah petualangan. Dan sekarang mereka sedang menuju ke rumah masing-masing. Tapi bagiku, BondanF2B adalah rumah mereka. Setiap kepergian akan merindukan kepulangan. Kami melepas mereka dengan senyuman. Tak akan ada tangisan, air mata dan salam perpisahan karena kami yakin kalian pasti kembali, satu hari nanti. Hanya lambaian tangan dan ucapan hati-hati di jalan serta doa yang mampu kami berikan sebagai bekal perjalanan panjang kalian. Kami siap merawat dan menjaga rumah yang sedang tak bertuan ini. Jangan lupakan kami. Sapalah kami. Tengoklah kami yang masih haus dengan karya-karya kalian. Kapanpun kalian ingin pulang, pintu ini selalu terbuka. Kami masih menunggu.

Terima kasih telah mau menjadi kakak kami, guru kami, teman kami, inspirasi kami, motivator kami. Maaf tak banyak yang bisa kami berikan kepada kalian. Semoga kita sukses bersama dengan jalan masing-masing. :)


Artikel Terkait:

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sedih gw bacanya

wavie mengatakan...

plissssssssssssss jangan vakum

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Pengikut